Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar
siswa kelas VII-A MTs N Bener Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII-A yang berjumlah 36 siswa. Faktor yang diteliti berupa
peningkatan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi keaktifan dan tes
evaluasi belajar matematika siswa pada setiap siklus. Penelitian dimulai dan
dikembangkan selama proses refleksi. Data yang dikumpulkan pada setiap
kegiatan observasi dan hasil belajar dari pelaksanaan siklus, dianalisa dengan
menggunakan rerata hasil belajar siswa dan persentase keaktifan belajar siswa
yang dihitung menggunakan deskriptif presentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa
meningkat dari 61,19% pada siklus I, menjadi 72,04% pada siklus II. Hasil belajar
siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan pada peningkatan rerata
hasil belajar yaitu dari 64 pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal
sebesar 52,77%, menjadi 77,61 dengan persentase ketuntasan klasikal 77,77%.
Jika dilihat dari hasil tersebut, maka model pembelajaran Missouri Mathematics
Project untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.