Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Pembelajaran matematika dilakukan dengn pendekatan SAVI. Dengan demikian
peningkatan motivasi tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar matematika pada
siswa kelas VII D SMP PMB 1 Pituruh.
Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII D SMP PMB 1 Pituruh
Tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 34 siswa. Yaitu 12 siswa perempuan dan
22 siswa laki-laki. Pengambilan data melalui metode tes, metode angket dan metode
dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar evaluasi yang telah
memenuhi syarat validitas isi. Analisis data menggunakan rata-rata, persentase
ketuntasan klasikal siswa, dan rata-rata motivasi belajar siswa. Penelitian ini
dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus 1 terdiri atas tiga pertemuan sedangkan
siklus dua juga terdiri dari tiga pertemuan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas VII D SMP PMB 1 Pituruh
Tahun Pelajaran 2012/2013 telah terdapat peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil
motivasi belajar siswa akhir siklus I sebesar 80,63 sedangkan pada akhir siklus II
sebesar 83,78. Selain itu rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah
dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan SAVI yaitu dari 66,91 pada siklus I
dengan persentase ketuntasan 52,94% menjadi 74,85 dengan persentase ketuntasan
91,17% pada siklus II.