Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Jigsaw berbasis Brain Gym terhadap Hasil BelajarSiswa pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Kelas VIII SMP N 4 Purworejo Tahun 2012/1013

Show simple item record

dc.contributor.author Khasanah, Zumrotul
dc.date.accessioned 2018-02-19T09:20:41Z
dc.date.available 2018-02-19T09:20:41Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3156
dc.description.abstract Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui model pembelajaran Jigsaw berbasis Brain Gym dapat menghasilkan hasil belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang atau tidak, (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an sedang dan rendah pada materi bangun ruang atau tidak, (3) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswaantara siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw berbasis Brain Gym dan model pembelajaran konvensional konsisten untuk tiap-tiap kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa atau tidak, dan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an tinggi, sedang dan rendah konsisten untuk tiap-tiap model pembelajaran atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial . Populasi ini adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 62 responden yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika dan observasi kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa. Instrumen tes diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas diuji dengan korelasi pruduct moment dengan angka kasar, reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-21. Uji prasyarat Analisis Variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Dengan diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Uji Hipotesis yang digunakan adalah Analisis Variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dengan menunjukkan (1) berarti model pembelajaran Jigsaw berbasis Brain Gym memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang, (2) berarti hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an sedang dan rendah pada materi bangun ruang, (3) berarti karakteristik perbedaan antara model pembelajaran Jigsaw berbasis Brain gym dan model pembelajaran konvensional untuk setiap kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa sama. Ini berarti dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbasis Brain Gym maupun model pembelajaran konvensional tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa jika ditinjau pada masing-masing kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa. x Dari hasil komparasi ganda antar kolom diperoleh bahwa (1) siswa yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an tinggi mempunyai hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an sedang , (2) siswa yang memiliki kemampuanhafalan AL-Qur’an sedang mempunyai hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan hafalan AL-Qur’an rendah , (3) siswa yang memiliki kemampuanhafalan AL-Qur’an tinggi mempunyai hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan hafalan AL-Qur’an rendah . en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran Jigsaw Berbasis Brain Gym, Hasil Belajar, ccBangun Ruang, Hafalan Al-Qur’an en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Jigsaw berbasis Brain Gym terhadap Hasil BelajarSiswa pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Kelas VIII SMP N 4 Purworejo Tahun 2012/1013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account