Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pendekatan Open-Ended
meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman dan pemecahan masalah
matematika pada materi program linear; (2) apakah pendekatan kontekstual
meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman dan pemecahan masalah
matematika pada materi program linear; (3) manakah yang lebih baik antara
pendekatan Open-Ended dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan
kemampuan siswa dalam pemahaman dan pemecahan masalah matematika pada
materi program linear.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMK
Negeri 1 Sapuran Tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari kompetensi keahlian
Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dengan jumlah 2 kelas, Teknik Sepeda Motor
(TSM) dengan jumlah 1 kelas, Busana Butik (BB) dengan jumlah 1 kelas, dan
Akuntansi (AK) dengan jumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62
siswa yang terdiri dari kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik sampling
yang digunakan adalah stratified random sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan metode tes.
Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji
Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan
diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan
variansi sampelnya sama. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan ,
perhitungan uji hipotesis dilakukan sebanyak tiga kali. Hipotesis pertama
menunjukkan tobs sebesar lebih kecil dari ttabel sebesar sehingga H0
ditolak ini berarti pendekatan Open-Ended meningkatkan kemampuan pemahaman
dan pemecahan masalah pada materi program linear. Hipotesis kedua menunjukkan
tobs sebesar lebih kecil dari ttabel sebesar sehingga H0 ditolak ini
berarti pendekatan kontekstual meningkatkan kemampuan pemahaman dan
pemecahan masalah pada materi program linear. Hipotesis ketiga menunjukkan tobs
sebesar lebih kecil dari ttabel sebesar sehingga H0 ditolak ini berarti
kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah siswa yang dikenai pendekatan
kontekstual lebih baik dari kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah siswa
yang dikenai pendekatan Open-Ended pada materi program linear Siswa Kelas X
SMK Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2012/2013.