Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Pada Kompetensi Program Linear Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Nuraini, Febri Risa
dc.date.accessioned 2018-02-19T09:21:42Z
dc.date.available 2018-02-19T09:21:42Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3157
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pendekatan Open-Ended meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman dan pemecahan masalah matematika pada materi program linear; (2) apakah pendekatan kontekstual meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman dan pemecahan masalah matematika pada materi program linear; (3) manakah yang lebih baik antara pendekatan Open-Ended dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman dan pemecahan masalah matematika pada materi program linear. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMK Negeri 1 Sapuran Tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dengan jumlah 2 kelas, Teknik Sepeda Motor (TSM) dengan jumlah 1 kelas, Busana Butik (BB) dengan jumlah 1 kelas, dan Akuntansi (AK) dengan jumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansi sampelnya sama. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan , perhitungan uji hipotesis dilakukan sebanyak tiga kali. Hipotesis pertama menunjukkan tobs sebesar lebih kecil dari ttabel sebesar sehingga H0 ditolak ini berarti pendekatan Open-Ended meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah pada materi program linear. Hipotesis kedua menunjukkan tobs sebesar lebih kecil dari ttabel sebesar sehingga H0 ditolak ini berarti pendekatan kontekstual meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah pada materi program linear. Hipotesis ketiga menunjukkan tobs sebesar lebih kecil dari ttabel sebesar sehingga H0 ditolak ini berarti kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah siswa yang dikenai pendekatan kontekstual lebih baik dari kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah siswa yang dikenai pendekatan Open-Ended pada materi program linear Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2012/2013. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject pendekatan Open-Ended, pendekatan kontekstual, kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Pada Kompetensi Program Linear Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account