Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah model pembelajaran
GQGA dapat meningkatkan keaktifan siswa, (2) apakah model pembelajaran
GQGA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing
siklus terdiri dari perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 15 Purworejo yang
berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan.
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, metode
observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
lembar observasi keaktifan belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan belajar siswa
mengalami peningkatan yaitu dari 67,19% pada siklus I dengan kategori cukup
menjadi 78,91% pada siklus II dengan kategori baik. Sedangkan rata-rata hasil
belajar siswa siklus I mencapai 65,63 dengan ketuntasan klasikal 53,13% dan
rata-rata hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan menjadi 75,34
dengan ketuntasan klasikal 78,13%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Giving Question
and Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
siswa kelas VIII C SMP Negeri 15 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014.