Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi
belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Make a Match lebih baik
daripada menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle pada materi
bentuk aljabar di MTs Negeri Bener.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Bener
tahun pelajaran 2012/ 2013 yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VIIIA-VIIIH.
Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 69 responden yang terdiri dari 2 kelompok yaitu
kelas VIIIF digunakan sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIIIE sebagai kelas
eksperimen 2. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi
yang berupa data nilai Ujian Akhir Semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 dan
tesprestasi belajar matematika yang sebelumnya sudah diujicobakan dan telah
memenuhi syarat validitas serta reliabilitas. Validitas diuji cobakan dengan
korelasi product moment dengan angka kasar, reliabilitas tes diuji cobakan dengan
rumus split-half.
Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan
uji Lilliefors, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett, dan uji
keseimbangan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 5%. Dari
pengolahan uji data sebelum perlakuan diperoleh sampel berasal dari populasi
yang berdistribusi normal, variansi yang sama, dan memiliki kemampuan yang
sama. Dan dari data setelah perlakuan diperoleh sampel berdistribusi normal dan
variansi sama. Dari uji hipotesis diperoleh thitung = 6,296dan ttabel = 1,645, dengan
= 0.05. yang mengakibatkan ditolak, artinya prestasi belajar siswa yang
mendapat model pembelajaran Make a Match lebih baik dibandingkan prestasi
belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Inside Outside Circle pada
materi bentuk aljabar.