Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Make A Match dan Inside Outside Circle pada Materi Bentuk Aljabar Siswa MTs Negeri Bener Tahun 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Yanto, Hidayat Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-19T09:24:02Z
dc.date.available 2018-02-19T09:24:02Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3160
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Make a Match lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle pada materi bentuk aljabar di MTs Negeri Bener. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Bener tahun pelajaran 2012/ 2013 yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VIIIA-VIIIH. Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 responden yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas VIIIF digunakan sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang berupa data nilai Ujian Akhir Semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 dan tesprestasi belajar matematika yang sebelumnya sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas serta reliabilitas. Validitas diuji cobakan dengan korelasi product moment dengan angka kasar, reliabilitas tes diuji cobakan dengan rumus split-half. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Lilliefors, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett, dan uji keseimbangan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 5%. Dari pengolahan uji data sebelum perlakuan diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, variansi yang sama, dan memiliki kemampuan yang sama. Dan dari data setelah perlakuan diperoleh sampel berdistribusi normal dan variansi sama. Dari uji hipotesis diperoleh thitung = 6,296dan ttabel = 1,645, dengan = 0.05. yang mengakibatkan ditolak, artinya prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Make a Match lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Inside Outside Circle pada materi bentuk aljabar. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject prestasi belajar, Make a Match, Inside Outside Circle en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Make A Match dan Inside Outside Circle pada Materi Bentuk Aljabar Siswa MTs Negeri Bener Tahun 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account