Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan mengetahui
kelayakan LKS terhadap hasil pengembangan LKS Matematika Realistik untuk
materi kubus dan balok berbasis sistem online.
Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menggunakan model
pengembangan dari Borg and Gall yang diadaptasi hanya sampai uji coba terbatas.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan tes. Data yang
diperoleh dari hasil validasi oleh para ahli, hasil pengerjaan siswa pada soal tes hasil
belajar, dan pengisian angket respon siswa berupa data kualitatif dan kuantitatif serta
analisis data dengan presentase. Uji coba terbatas dilaksanakan pada siswa kelas VIIID
SMP Negeri 8 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari ahli media sebesar 3,25
dan ahli materi sebesar 3,40 dengan kategori baik sehingga LKS ini layak digunakan
untuk uji coba terbatas dengan sedikit revisi. Hasil belajar peserta didik memperoleh
skor rata-rata 79,68 dan mencapai ketuntasan klasikal sebesar 83,87% untuk post-test
sehingga mencapai KKM (72). Respon siswa terhadap produk yang dikembangkan
mendapatkan skor rata-rata 3,33 dalam kategori baik dengan ketercapaian 83,20%.
Dapat disimpulkan bahwa LKS Matematika Realistik di SMP Kelas VIII semester II
untuk Materi Kubus dan Balok berbasis sistem online layak digunakan sebagai media
pembelajaran.