Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan aktivitas belajar
siswa melalui strategi pembelajaran Go To Your Post pada siswa kelas VIIIA
SMP PMB 1 Pituruh tahun pelajaran 2012/2013, serta untuk meningkatkan hasil
belajar siswa melalui strategi pembelajaran Go To Your Post pada siswa kelas
VIIIA SMP PMB 1 Pituruh tahun pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas VIIIA SMP PMB 1 Pituruh Tahun
Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 34 siswa, yaitu 20 siswa laki-laki dan 14
siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keseluruhan proses dan hasil
kegiatan pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini
menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan evaluasi hasil belajar
siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari tiga
pertemuan, yaitu dua pertemuan untuk proses pembelajaran dan satu pertemuan
untuk evaluasi. Analisis data menggunakan rerata, persentase ketuntasan klasikal
siswa, dan persentase aktivitas belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa di kelas
VIIIA SMP PMB 1 Pituruh mengalami peningkatan dengan diberi tindakan sesuai
langkah pembelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran Go To
Your Post. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata
aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II berdasarkan observasi. Dari hasil
observasi diperoleh peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dari
siklus I ke siklus II yaitu 73% dengan kategori “sedang” menjadi 84% dengan
kategori “tinggi”. Peningkatan aktivitas belajar siswa berpengaruh pada
peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP PMB 1
Pituruh meningkat, dari nilai rata-rata 79,35 pada siklus I menjadi 83,06 pada
siklus II dengan jumlah siswa yang mendapat nilai lebih atau sama dengan
indikator keberhasilan pada siklus I yaitu 20 siswa atau 59% dan pada siklus II
yaitu 27 siswa atau 79%.