Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Pair Check dan Artikulasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII SMP Negeri 4 Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Khotimah, Diah Chusnul
dc.date.accessioned 2018-02-20T02:33:20Z
dc.date.available 2018-02-20T02:33:20Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3164
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Pair Check lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Artikulasi pada pokok bahasan garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 4 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 dan (2) model pembelajaran Pair Check efektif diterapkan pada pokok bahasan garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 4 Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji-𝑡 ekor kanan dengan taraf signifikansi 5% yang sebelumnya telah memenuhi syarat normalitas dan homogenitas. Indikator keefektifan yang diukur melalui lembar observasi yaitu kecermatan penguasaan perilaku dan kecepatan unjuk kerja. Hasil uji hipotesis dari data setelah perlakuan menunjukkan nilai 𝑡𝑜𝑏𝑠 = 2,730 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,672029 artinya 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ∈ 𝐷𝐾 sehingga 𝐻0 ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Pair Check lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Artikulasi pada pokok bahasan garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 4 Kebumen. Analisis keefektifan pada lembar observasi menunjukkan hanya 30% siswa yang memenuhi kriteria efektif dengan rata-rata skor keefektifan kelas Pair Check > 39% sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Check kurang efektif diterapkan pada pokok bahasan garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 4 Kebumen tahun ajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Pair Check, Artikulasi, Keefektifan en_US
dc.title Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Pair Check dan Artikulasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII SMP Negeri 4 Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account