Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
berbantuan alat peraga pada siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Purworejo tahun
ajaran 2013/2014.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D semester II tahun ajaran
2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi untuk data aktivitas belajar
siswa, tes untuk data prestasi belajar siswa dan dokumentasi. Setelah data
terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VII D
SMP N 8 Purworejo mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah
dilaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share (TPS) berbantuan alat peraga. Hal ini ditunjukkan oleh aktivitas
belajar siswa pada siklus I semula 67,50% menjadi 73,75% pada siklus II.
Peningkatan aktivitas belajar siswa diikuti peningkatan rata-rata kelas dari 73,47
dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 71,88% pada siklus I meningkat
menjadi 77,34 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 78,13% pada siklus II.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS) berbantuan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa yang diikuti prestasi belajar siswa.