Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu Monopoli
Matematika lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran
2013/2014 yang terdiri dari 192 siswa yang terbagi dalam enam kelas. Sampel
penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari dua kelas yang diperoleh
melalui teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data
menggunakan tes prestasi dalam bentuk pilihan ganda yang sudah diujicobakan
dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan
uji-t pihak kanan.
Data setelah perlakuan diperoleh rataan nilai kelas eksperimen 76,28 dan
rataan nilai kelas kontrol 69,50. Uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan
dengan 𝛼 = 0,05 diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 1,97265 dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,6698. Hal ini
menunjukkan bahwa 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 . Oleh karena itu, 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 β DK sehingga 𝐻0
ditolak. Hal ini mengakibatkan 𝐻1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa
prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun
pelajaran 2013/2014 dengan model pembelajaran Team-Game-Tournament (TGT)
berbantu Monopoli Matematika lebih baik daripada dengan model pembelajaran
Student Teams Achievement Divisions (STAD).