Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan antara Intelegensi, Stabilitas Emosi, dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Mulyono, Rahmat Hidayat
dc.date.accessioned 2018-02-20T02:45:32Z
dc.date.available 2018-02-20T02:45:32Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3171
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat intelegensi siswa terhadap prestasi belajar matematika; (2) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat stabilitas emosi siswa terhadap prestasi belajar matematika; (3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; dan (4) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat intelegensi, stabilitas emosi, dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika secara bersama-sama. Penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-postfacto jenis correlation study (korelasi) pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 7 Purworejo sebanyak 284 siswa. Sampel diambil sebanyak 71 siswa dengan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Metode analisis yang digunakan adalah Product Moment, Kendall Tau dan Koefisien Konkordansi Kendall (Kendall W). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1)terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intelegensi dengan prestasi belajar matematika sebesar 92,2% (􀝎􀝔1􀯬 = 0,960, 􀝎􀝔1􀯬 􀬶 =0,922, diperoleh harga thitung = 47,369 dan ttabel = 1,66); (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat stabilitas emosi siswa terhadap prestasi belajar matematika sebesar 2,5% (􀟬 = 0,157, 􀟬􀬶 = 0,025, diperoleh harga 􀝖􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 =3,000 dan ztabel = 1,65); (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika sebesar 2,8% ( 􀟬 = 0,167, 􀟬􀬶 = 0,028, diperoleh harga 􀝖􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 = 2,062 dan ztabel = 1,65); dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat intelegensi, stabilitas emosi, dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika secara bersama-sama sebesar 17,6% (W = 0,420, 􀜹􀬶 = 0,176, diperoleh harga 􀟯􀬶 􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 = 117,517 dan harga 􀟯􀬶 tabel = 57,15). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject intelegensi, stabilitas emosi, kreativitas dan prestasi belajar matematika en_US
dc.title Hubungan antara Intelegensi, Stabilitas Emosi, dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account