Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Metode Pembelajaran The Power Of Two sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII A MTs Negeri Kaleng Kecamatan Puring Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Muzayanah, Iim
dc.date.accessioned 2018-02-20T02:47:20Z
dc.date.available 2018-02-20T02:47:20Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3172
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran The Power Of Two dapat meningkatkan komunikasi matematika dan hasil belajar siswa kelas VII A MTs Negeri Kaleng Kecamatan Puring tahun pelajaran 2012/2013 khususnya pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dimana tiap siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A MTs Negeri Kaleng Kecamatan Puring tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 38 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel terikat adalah komunikasi matematika siswa yang nantinya akan diikuti dengan hasil belajar siswa, dan variabel bebasnya adalah metode pembelajaran The Power Of Two. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes evaluasi akhir siklus. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan rumus rata-rata. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran The Power Of Two komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata 65,6 pada siklus I menjadi 89,6 pada siklus II. Penguasaan siswa terhadap materi pelajaran menunjukkan adanya peningkatan, khususnya pada materi bangun datar. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran The Power Of Two yaitu dari 36,8% pada siklus I menjadi 84,2% pada siklus II, dan juga rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari 63,6 pada siklus I menjadi 78,8 pada siklus II. Dari analisis terlihat adanya peningkatan komunikasi matematika dan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II yang rata-rata sudah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 75 secara keseluruhan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran The Power Of Two dapat meningkatkan komunikasi matematika dan hasil belajar siswa kelas VII A MTs Negeri Kaleng Kecamatan Puring tahun pelajaran 2012/2013 khususnya pada materi bangun datar. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject komunikasi matematika, hasil belajar, dan The Power Of Two en_US
dc.title Penerapan Metode Pembelajaran The Power Of Two sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII A MTs Negeri Kaleng Kecamatan Puring Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account