Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkah-langkah kegiatan meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi yang merupakan satu daur siklus dan evaluasi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri I Ayah Kebumen tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 6 lakilaki dan 28 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf beraksara Jawa meliputi keterampilan penulisan aksara carakan, pasangan, sandhangan, aksara murda, aksara rekan, angka Jawa dan penggunaan tanda baca aksara Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yaitu soal dan nontes yaitu observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini dikembangkan oleh peneliti bersama guru Bahasa Jawa dengan menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan teknik penghitungan rata-rata (mean). Penerapan metode PAKEM dalam pembelajaran menulis paragraf beraksara Jawa pada siswa kelas VIII B dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus satu kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada pra siklus, kegiatan pembelajaran belum menggunakan metode. Pada siklus I peneliti menyampaikan materi menulis paragraf beraksara Jawa menggunakan metode PAKEM dengan media LCD. Pada siklus II, peneliti kembali menyampaikan materi menulis paragraf beraksara Jawa menggunakan metode PAKEM dengan teknik diskusi. Hasil tes keterampilan menulis paragraf beraksara Jawa pada pra siklus menunjukkan nilai rata-rata kelas sebesar 58. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat kembali menjadi 83. Peningkatan tersebut dikarenakan penggunaan metode pada kegiatan siklus I dan II. Pada siklus I peneliti menggunakan metode PAKEM dengan media LCD. Pada siklus II peneliti menggunakan metode PAKEM dengan teknik diskusi. Jadi, dapat diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode PAKEM mampu meningkatkan keterampilan menulis paragraf beraksara Jawa pada siswa kelas VIII B SMP Negeri I Ayah Kebumen

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Search Repository-UMP


Browse

My Account