Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya mengajar guru sekolah
dasar (SD) dalam pembelajaran matematika di Kecamatan Selomerto. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan observasi dan teknik sampling yang digunakan adalah
purposive sampling dan snowball sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 guru
SD di Kecamatan Selomerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif denganan
alisis data dilakukan dengan langkah penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan/
verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru di Kecamatan Selomerto belum
dapat menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa,
situasi, dan lingkungan, belum dapat mengelola waktu pembelajaran secara efisien yaitu
pemanfaatan secara optimal waktu pembelajaran yang telah dialokasikan dan belum dapat
memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran. Guru belum
dapat memantapkan penguasaan materi pembelajaran dengan cara merangkum,
meringkas, mereviu (meninjau ulang), dan sebagainya dimana guru dapat membimbing
siswa membuat rangkuman atau ringkasan untuk meninjau ulang. Guru belum dapat
menanamkan konsep matematika melalui metode bervariasi yang sesuai dengan
karakteristik materi.