Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan
antara siswa laki-laki dan perempuan terhadap hasil belajar matematika
pada siswa SMP Negeri se-Kecamatan Ambal tahun pelajaran 2012/ 2013. Populasi
penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri se-Kecamatan Ambal yang ber
jumlah 1280 siswa yang terdiri dari 702 siswa SMP Negeri 1 Ambal dan 578 siswa
SMP Negeri 2 Ambal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 296 siswa, ditentukan
dengan rumus yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf
signifikansi 5%. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportionate
Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data siswa dan data nilai raport siswa semester ganjil. Analisis data menggunakan
korelasi point biserial.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai korelasi siswa laki-laki terhadap
hasil belajar matematika sebesar rpbi = -0,106 dan nilai korelasi siswa perempuan
terhadap hasil belajar matematika sebesar rpbi = 0,094. Nilai korelasi kemudian dikonsultasikan
dengan nilai r product moment. Dengan cara interpolasi diperoleh
nilai r Product Moment sebesar 0,114, sehingga diperoleh nilai koefisien korelasi
siswa laki-laki lebih dari nilai r Product Moment dan nilai koefisien korelasi siswa
perempuan kurang dari nilai r Product Moment . Dari hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara gender terhadap hasil
belajar matematika pada siswa SMP Negeri se-Kecamatan tahun pelajaran 2012/
2013.