Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada peningkatan
kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan
perpaduan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan Talking Stick, (2)
Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika
menggunakan perpaduan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan
Talking Stick.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I semester II SMP
Negeri 1 Prembun tahun pelajaran 2013/2014 sejumlah 32 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan
metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi
kemandirian belajar siswa dan soal tes yang berupa soal uraian. Teknis analisis
data yang dilakukan setelah data diperoleh adalah deskriptif kualitatif dengan
persentase.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemandirian
dan hasil belajar matematika menggunakan perpaduan model pembelajaran Think-
Talk-Write (TTW) dan Talking Stick pada siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1
Prembun. Hal ini ditunjukkan dari persentase kemandirian belajar siswa kelas
VIII-I sebesar 69,4% pada siklus I, meningkat menjadi 84,7% pada siklus II
sehingga memenuhi indikator keberhasilan yaitu sebesar 76%. Pada siklus I
diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas VIII-I tahun pelajaran
2013/2014 sebesar 62,5% dengan rerata nilai 75,9 dan meningkat menjadi rerata
nilai 85,4 dengan persentase 78,1% pada siklus II sehingga indikator keberhasilan
sebesar 75% tercapai.