Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Perpaduan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan Talking Stick Pada Siswa SMP Negeri 1 Prembun Kelas VIII-I Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Khasanah, Umi Nuriyatun
dc.date.accessioned 2018-02-20T02:53:35Z
dc.date.available 2018-02-20T02:53:35Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3180
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada peningkatan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan perpaduan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan Talking Stick, (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan perpaduan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I semester II SMP Negeri 1 Prembun tahun pelajaran 2013/2014 sejumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kemandirian belajar siswa dan soal tes yang berupa soal uraian. Teknis analisis data yang dilakukan setelah data diperoleh adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika menggunakan perpaduan model pembelajaran Think- Talk-Write (TTW) dan Talking Stick pada siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Prembun. Hal ini ditunjukkan dari persentase kemandirian belajar siswa kelas VIII-I sebesar 69,4% pada siklus I, meningkat menjadi 84,7% pada siklus II sehingga memenuhi indikator keberhasilan yaitu sebesar 76%. Pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas VIII-I tahun pelajaran 2013/2014 sebesar 62,5% dengan rerata nilai 75,9 dan meningkat menjadi rerata nilai 85,4 dengan persentase 78,1% pada siklus II sehingga indikator keberhasilan sebesar 75% tercapai. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Kemandirian belajar, hasil belajar, Think-Talk-Write (TTW), Talking Stick en_US
dc.title Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Perpaduan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan Talking Stick Pada Siswa SMP Negeri 1 Prembun Kelas VIII-I Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account