Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran CPS
berbantuan Edmodo dengan pembelajaran MMP yang dimodifikasi STAD
berbantuan Edmodo pada pokok bahasan Persamaan dan Identitas Trigonometri
kelas X MIPA SMA Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Purworejo.
Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas X
MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas X MIPA 4 sebagai kelompok
eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan
masalah matematika yang telah diujicobakan terlebih dahulu. Validitas tes dengan
product moment correlation metode Pearson dan reliabilitas tes dengan metode
Alpha. Data awal penelitian dari nilai Ujian Akhir Semester 1. Data tersebut untuk
uji keseimbangan dengan prasyarat uji normalitas metode Lilliefors dan uji
homogenitas variansi dua populasi dengan uji F . Hasilnya, sampel berasal dari
populasi yang berdistribusi normal, vasiansi sama, dan kemampuan awal yang
sama. Kedua kelas diberi tes kemampuan pemecahan masalah matematika pokok
bahasan Persamaan dan Identitas Trigonometri. Dari hasil tes, diperoleh rerata
kelompok eksperimen 1 adalah 88,93 dan rerata kelompok eksperimen 2 adalah
82,20. Selanjutnya data tersebut digunakan untuk uji hipotesis dengan prasyarat
uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t taraf
signifikansi 0,05 maka didapatkan tobs = 2,073 dan ttabel = 2,002. H0 ditolak karena
tobs > ttabel.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa ada perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran
CPS berbantuan Edmodo dengan pembelajaran MMP yang dimodifikasi STAD
berbantuan Edmodo. Rerata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
menggunakan pembelajaran CPS berbantuan Edmodo lebih baik dari pada rerata
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran
MMP yang dimodifikasi STAD berbantuan Edmodo.