Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran CPS dan MMP yang dimodifikasi STAD pada Materi Trigonometri dengan Berbantuan Social Learning Network Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X MIPA Semester II SMA Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Rosyidah, Nurur
dc.date.accessioned 2018-02-20T02:55:59Z
dc.date.available 2018-02-20T02:55:59Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3181
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran CPS berbantuan Edmodo dengan pembelajaran MMP yang dimodifikasi STAD berbantuan Edmodo pada pokok bahasan Persamaan dan Identitas Trigonometri kelas X MIPA SMA Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Purworejo. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas X MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas X MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah diujicobakan terlebih dahulu. Validitas tes dengan product moment correlation metode Pearson dan reliabilitas tes dengan metode Alpha. Data awal penelitian dari nilai Ujian Akhir Semester 1. Data tersebut untuk uji keseimbangan dengan prasyarat uji normalitas metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi dua populasi dengan uji F . Hasilnya, sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, vasiansi sama, dan kemampuan awal yang sama. Kedua kelas diberi tes kemampuan pemecahan masalah matematika pokok bahasan Persamaan dan Identitas Trigonometri. Dari hasil tes, diperoleh rerata kelompok eksperimen 1 adalah 88,93 dan rerata kelompok eksperimen 2 adalah 82,20. Selanjutnya data tersebut digunakan untuk uji hipotesis dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t taraf signifikansi 0,05 maka didapatkan tobs = 2,073 dan ttabel = 2,002. H0 ditolak karena tobs > ttabel. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran CPS berbantuan Edmodo dengan pembelajaran MMP yang dimodifikasi STAD berbantuan Edmodo. Rerata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran CPS berbantuan Edmodo lebih baik dari pada rerata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran MMP yang dimodifikasi STAD berbantuan Edmodo. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject CPS berbantuan Edmodo, MMP yang dimodifikasi STAD berbantuan Edmodo, kemampuan pemecahan masalah en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran CPS dan MMP yang dimodifikasi STAD pada Materi Trigonometri dengan Berbantuan Social Learning Network Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X MIPA Semester II SMA Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account