Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam
membaca aksara Jawa dengan menggunakan model pembelajaran discovery strategy.
Langkah-langkah yang dilaksanakan dalam pembelajaran membaca aksara Jawa
menggunakan model discovery strategy adalah simulation, problem statement, data
collection, data processing, verification dan generalization.
Penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dengan tiga siklus ini
dilaksanakan di SMA Taruna Abdi Bangsa Mirit mulai bulan Maret sampai bulan
Juli 2013 dengan objek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X TKJ A yang
berjumlah 22 siswa. Masing-masing siklus mengacu pada prosedur penelitian yaitu
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Analisis
yang digunakan adalah deskriptif prosentase.
Nilai rata-rata dan prosentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar
73 dan 72,7%, siklus II sebesar 77 dan 86,4% meningkat menjadi 84 dan 100% pada
siklus III. Nilai rata-rata dan prosentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I
sebesar 68 dan 40,9%, siklus II sebesar 80 dan 77,3% meningkat menjadi 82 dan
95,5% pada siklus III. Nilai rata-rata dan prosentase hasil belajar psikomotorik siswa
pada siklus I sebesar 64 dan 31,8%, siklus II sebesar 71 dan 40,9% meningkat
menjadi 78 dan 95,5% pada siklus III. Nilai rata-rata dan prosentase keterampilan
membaca aksara Jawa siswa pada siklus I sebesar 76 dan 86,4%, siklus II sebesar 80
dan 95,5% meningkat menjadi 88 dan 100% pada siklus III.