dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) komunikasi matematis siswa
dalam mata pelajaran matematika, (2) prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran
matematika, (3) adanya pengaruh antara komunikasi matematis terhadap prestasi
belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas VIII SMP di Kecamatan Pur
wodadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi penelitian ini semua siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Purwodadi.
Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan proportionate random
sampling, sehingga diperoleh sampel SMP Negeri 8 Purworejo dan SMP Mu
hammadiyah Purwodadi. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, untuk
memperoleh data komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran
matematika. Hipotesis yang digunakan yaitu hipotesis deskriptif dan assosiatif
dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan (1) komunikasi matematis siswa dalam mata
pelajaran matematika, kurang dari 75. Hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikansi
5% diperoleh ttabel = -2,015 dan thitung = -14,3, (2) prestasi belajar siswa dalam
mata pelajaran matematika, kurang dari 75. Hal ini ditunjukkan dengan taraf signi
fikansi 5% diperoleh ttabel = -2,015 dan thitung = -5,3, (3) Berdasarkan perhitungan
korelasi product moment menunjukkan hubungan yang positif antara komunikasi
matematis dan prestasi belajar dalam mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan
melalui hasil analisis diperoleh rxy positif sebesar 0,72, harga thitung = 8,95, sehingga
komunikasi matematis siswa mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar
siswa dalam mata pelajaran matematika. |
en_US |