Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran
kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari
2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dimana tiap siklus terdiri dari 4 komponen
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIIIB SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran
2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari dua
variabel yaitu variabel terikat adalah keaktifan siswa yang nantinya akan diikuti
dengan hasil belajar siswa, dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran
kooperatif tipe Course Review Horay. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes
evaluasi akhir siklus dan lembar observasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis
menggunakan rumus rerata dan persentase.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay keaktifan belajar siswa
mengalami peningkatan yaitu dari 62,50% pada siklus I menjadi 81,25% pada
siklus II. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran khususnya materi
bangun ruang sisi datar menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat
ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah
dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay yaitu dari
50,00% pada siklus I menjadi 84,37% pada siklus II, dan juga rerata hasil belajar
siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari 68,28 pada siklus I menjadi 73,34
pada siklus II. Dari analisis terlihat adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar
siswa dari siklus I dan siklus II yang sudah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) ≥ 70 secara keseluruhan. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 15
Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 khususnya pada materi bangun ruang sisi
datar.