Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 15 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Rohana, Indarwati
dc.date.accessioned 2018-02-20T02:59:37Z
dc.date.available 2018-02-20T02:59:37Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3185
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dimana tiap siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIB SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel terikat adalah keaktifan siswa yang nantinya akan diikuti dengan hasil belajar siswa, dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes evaluasi akhir siklus dan lembar observasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 62,50% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran khususnya materi bangun ruang sisi datar menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay yaitu dari 50,00% pada siklus I menjadi 84,37% pada siklus II, dan juga rerata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari 68,28 pada siklus I menjadi 73,34 pada siklus II. Dari analisis terlihat adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II yang sudah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 70 secara keseluruhan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 khususnya pada materi bangun ruang sisi datar. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Course Review Horay, keaktifan, dan kooperatif en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 15 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account