Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) Keaktifan dan
prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams
Games Tournament) dikombinasikan Cooperative Review lebih baik daripada
model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check; (2) Keaktifan dan prestasi belajar
siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games
Tournament) dikombinasikan Cooperative Review lebih baik daripada model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw;(3) Keaktifan dan prestasi belajar siswa
dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih baik daripada model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Populasi penelitian adalah semua kelas X. TKR SMK Taman Karya Madya
Teknik Kebumen tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 10 kelas. Sampel
penelitian ini berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple
random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji multivariat dan
dilanjutkan dengan uji univariat secara terpisah.
Dari uji univariat diperoleh: (1) keaktifan belajar siswa dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT dikombinasikan Cooperative Review tidak lebih
baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dan prestasi belajar
siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dikombinasikan
Cooperative Review lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Pair
Check; (2) keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran
kooperatif tipe TGT dikombinasikan Cooperative Review lebih baik daripada
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; (3) keaktifan dan prestasi belajar
siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check tidak lebih baik
daripada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.