Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan
antara Intelligence Quotient (IQ) dengan Hasil Belajar Matematika Pada
Siswa SMA Negeri 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari
bulan April 2013 sampai bulan Maret 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa SMA Negeri 1 Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran
2012/2013 dengan jumlah total 781 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah
proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan
metode dokumentasi.
Dari hasil pengolahan data yang dilakukan dengan analisis korelasi Kendal
Tau diperoleh koefisien korelasi sebesar 𝜏 = 0,01 dan signifikan koefisien korelasi
dengan rumus z diperoleh 𝑧β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 0,26. Dengan taraf signifikansi 5%
diperoleh 𝑧𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,96. Karena 𝑧β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝑧𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 berarti 𝐻𝑂 diterima sehingga dapat
disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Intelligence
Quotient (IQ) dengan hasil belajar matematika pada siswa SMA Negeri 1
Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013.