Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Fisika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualisation (TAI) Pada Siswa SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo

Show simple item record

dc.contributor.author Romiyati, Asif
dc.date.accessioned 2018-02-20T03:37:35Z
dc.date.available 2018-02-20T03:37:35Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3189
dc.description.abstract Pembelajaran IPA fisika di SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo yang dilakukan masih berpusat pada guru, dimana siswa hanya duduk dan mendengarkan guru mengajar, sehingga kelas menjadi monoton dan aktivitas siswa tidak berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu, telah dilakukan penelitian guna mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA fisika dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualisation (TAI) pada siswa SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek siswa SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo kelas VII A yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung melalui: 1) observasi; 2) angket aktivitas belajar; 3) tes akhir siklus. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan rata-rata dan persentase yang kemudian diartikan secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Perolehan persentase untuk hasil observasi aktivitas belajar pada pra siklus sebesar 46,38% pada siklus I meningkat menjadi 56,52% dan setelah siklus II meningkat menjadi 80,07%. Perolehan persentase untuk angket aktivitas belajar pra siklus sebesar 49,28%, pada siklus I meningkat menjadi 57,25%, dan pada siklus II meningkat menjadi 80,80%. Untuk hasil belajar siswa pra siklus 56,96 pada siklus I menjadi 66,67 dan siklus II meningkat menjadi 80,26. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA fisika kelas VII A SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Aktivitas belajar IPA fisika, Team Assisted Individualisation. en_US
dc.title Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Fisika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualisation (TAI) Pada Siswa SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account