Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi, hasil, dan motivasi
belajar siswa terhadap kegiatan pembelajaran Fisika dengan pemanfaatan (ICT)
dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional pada siswa Kelas X
SMA Negeri 10 Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 10 Purworejo
yaitu 160 siswa, pengambilan sampel 40% dari populasi yaitu 64 siswa. Dengan
menggunakan acuan Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data
menggunakan tes, angket motivasi dan wawancara. Analisis data menggunakan
analisis nonparametik Kolmogorov Smirnov, analisis uji F, dan teknik Paired
sample T-test.
Hasil analisis menunjukkan rerata nilai post-test siswa kelas eksperimen
mengalami peningkatan sebesar 7,53, sedangkan kenaikan nilai post-test kelas
kontrol sebesar 5,44. Begitu juga dengan hasil motivasi siswa Dimana rerata
motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 101,19, sedangkan rerata motivasi kelas
kontrol sebesar 93,16. Kenaikan rerata hasil dan motivasi siswa yang lebih tinggi
membuktikan bahwa belajar fisika siswa yang menggunakan pemanfaatan ICT
lebih baik dibandingkan menggunakan metode ceramah. Dengan demikian ICT
turut berperan dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa.