Abstract:
Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya aktivitas belajar siswa di
kelas. Hal ini ditunjukkan dari masih sedikitnya siswa yang mau bertanya, siswa
cenderung pasif dan diam dalam pelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan menerapkan metode kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk
meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa di kelas VII D SMP N 7 Purworejo
tahun pelajaran 2011/2012.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilakukan di SMP N 7 Purworejo. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII D
tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki
dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan
bulan Mei tahun 2012 pada pokok bahasan sifat zat dan pemisahan campuran.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan empat metode, yaitu:
metode angket, metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Setelah
data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan tehnik Deskripsi Persentase.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode
kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas
VII D SMP N 7 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dilihat dari hasil
observasi aktivitas siswa, diperoleh persentase rata-rata 40% pada pra siklus,
meningkat menjadi 59,69% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 76,56%
pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari nilai rata-rata
awal 66,47 menjadi 72,81 pada siklus I dan menjadi 78,75 pada siklus II.