Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Siswa di SMP N 7 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Purmiati
dc.date.accessioned 2018-02-20T03:45:29Z
dc.date.available 2018-02-20T03:45:29Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3191
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas. Hal ini ditunjukkan dari masih sedikitnya siswa yang mau bertanya, siswa cenderung pasif dan diam dalam pelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menerapkan metode kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa di kelas VII D SMP N 7 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMP N 7 Purworejo. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII D tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan bulan Mei tahun 2012 pada pokok bahasan sifat zat dan pemisahan campuran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan empat metode, yaitu: metode angket, metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan tehnik Deskripsi Persentase. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas VII D SMP N 7 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa, diperoleh persentase rata-rata 40% pada pra siklus, meningkat menjadi 59,69% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 76,56% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari nilai rata-rata awal 66,47 menjadi 72,81 pada siklus I dan menjadi 78,75 pada siklus II. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Aktivitas siswa, metode kooperatif tipe Two Stay Two Stray. en_US
dc.title Penerapan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Siswa di SMP N 7 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account