Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Studi Komparasi antara Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Achievement Division (STAD) dan Team-Accelerated Instruction (TAI) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Supardianningsih
dc.date.accessioned 2018-02-20T03:47:28Z
dc.date.available 2018-02-20T03:47:28Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3192
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah terdapat berbagai macam metode pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan kontrol menggunakan metode Konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain ”Randomized Control Group Pretest-Postest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 4 Purworejo. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X.2, kelas X.3 dan X.5 yang masing-masing berjumlah 25 siswa sehingga jumlah sampel seluruhnya adalah 75 siswa. Sampel tersebut diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu metode pembelajaran yang terdiri dari metode pembelajaran STAD, TAI, dan Konvensional sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa ditinjau dari ranah kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara metode STAD dan TAI dari ranah kognitif pada taraf signifikansi 5%. Pada kelas dengan metode pembelajaran STAD memperoleh nilai rata-rata post test sebesar 81,12 sedangkan kelas dengan metode TAI memperoleh nilai rata-rata79,68. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara metode STAD dan TAI ditinjau dari ranah afektif pada taraf signifikansi 5%. Nilai afektif siswa paling baik menggunakan metode pembelajaran STAD sebesar 78,64. Selanjutnya yaitu kelas yang menggunakan metode TAI memperoleh nilai rata-rata afektif sebesar 72,16. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Komparasi, STAD, TAI en_US
dc.title Studi Komparasi antara Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Achievement Division (STAD) dan Team-Accelerated Instruction (TAI) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account