dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa
SMP Negeri 16 Purworejo. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya kemampuan
bertanya, ketelitian dalam mengerjakan soal, masih mencontek, keinginan mencari
sumber belajar dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
penggunaan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi belajar
IPA (Fisika ) pada siswa SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII A SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012, yang berjumlah 31
orang yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes, metode
angket dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan skala persentase.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model
pembelajaran scramble dalam pembelajaran IPA (Fisika) dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa SMP Negeri 16 Purworejo. Hal tersebut terlihat dari data
hasil observasi motivasi belajar siswa meningkat dari 46,94% pada pra siklus
menjadi 60,81% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 73,39% pada siklus II.
Persentase angket motivasi belajar siswa meningkat 58,06% pada pra siklus
menjadi 72,90% pada siklus I dan menjadi 81,29% pada siklus II. Peningkatan
motivasi belajar ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Hal ini
ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai siswa. Rata-rata nilai siswa
meningkat dari 59,98 dengan ketuntasan 38,71% pada pra siklus menjadi 77,66
dengan ketuntasan 80,69% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,97
dengan ketuntasan 93,97% pada siklus II. Sehingga saran yang dapat diberikan
berdasarkan hasil penelitian adalah model pembelajaran scramble dapat
digunakan sebagai alternatif pembelajaran dengan menyesuaikan materi pelajaran
untuk mengupayakan peningkatan motivasi belajar. |
en_US |