Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penggunaan Model Pembelajaran Scramble untuk Peningkatkan Motivasi Belajar IPA (Fisika) Pada Siswa SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Rakhmawati, Tri
dc.date.accessioned 2018-02-20T03:50:18Z
dc.date.available 2018-02-20T03:50:18Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3193
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa SMP Negeri 16 Purworejo. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya kemampuan bertanya, ketelitian dalam mengerjakan soal, masih mencontek, keinginan mencari sumber belajar dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi belajar IPA (Fisika ) pada siswa SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012, yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan skala persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran scramble dalam pembelajaran IPA (Fisika) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 16 Purworejo. Hal tersebut terlihat dari data hasil observasi motivasi belajar siswa meningkat dari 46,94% pada pra siklus menjadi 60,81% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 73,39% pada siklus II. Persentase angket motivasi belajar siswa meningkat 58,06% pada pra siklus menjadi 72,90% pada siklus I dan menjadi 81,29% pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 59,98 dengan ketuntasan 38,71% pada pra siklus menjadi 77,66 dengan ketuntasan 80,69% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,97 dengan ketuntasan 93,97% pada siklus II. Sehingga saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah model pembelajaran scramble dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran dengan menyesuaikan materi pelajaran untuk mengupayakan peningkatan motivasi belajar. en_US
dc.publisher Pendidikan Fisika-FKIP en_US
dc.subject Model Pembelajaran Scramble, Motivasi Belajar en_US
dc.title Penggunaan Model Pembelajaran Scramble untuk Peningkatkan Motivasi Belajar IPA (Fisika) Pada Siswa SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account