Abstract:
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran mind mapping.
Latar belakang penelitian ini adalah kebiasaan guru menggunakan metode
ceramah yang menyebabkan siswa pasif dan berakibat pada rendahnya hasil
belajar siswa.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di MTs Negeri Purworejo yang
beralamat di Desa Keseneng, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo pada
bulan Maret sampai dengan bulan April 2012. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII B MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012 yang
berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode soal tes, metode
lembar observasi dan metode angket hasil belajar siswa yang dilakukan oleh guru
mata pelajaran IPA dan teman sejawat saat proses pembelajaran berlangsung.
Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini adalah dengan
penggunaan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini
ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa. Sebelum penggunaan mind
mapping nilai rata-rata siswa 48,10 dengan ketuntasan kelas 20,69% setalah
menggunakan mind mapping pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 69,21
dengan ketuntasan kelas 53,12% dan meningkat menjadi 72,50 dengan ketuntasan
kelas 75,00% pada siklus II. Selain hasil belajar, aktivitas siswa terhadap proses
pembelajaran yang dilakukan juga meningkat, hal ini terlihat pada hasil angket
dan hasil observasi pada tiap siklus yang mengalami peningkatan.