Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Efektivitas Metode Animasi Dan Metode Konvensional Pada Pelajaran Sistem Pengapian Di SMK Ma’arif 4 Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Purnomo, Aris
dc.date.accessioned 2018-02-20T04:05:57Z
dc.date.available 2018-02-20T04:05:57Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3199
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar sistem pengapian konvensional antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode animasi lebih baik dari hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional pada siswa kelas XI TKR SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, sampel yang diperoleh ada dua kelas. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode test yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat reliabitas, daya beda, dan indeks kesukaran dengan menggunakan program anates. Diawal penelitian dilakukan pengambilan data pada kedua kelompok sampel data yang diambil yaitu nilai pretest. Data dari nilai pretest dilakukan Uji Keseimbangan dengan dengan program spss didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam keadaan seimbang, karena taraf signifikasi p>α, dengan α=0.05, yaitu 0.85>0.05. Uji Normalitas dengan program spss didapatkan hasil berdistribusi normal karena taraf signifikasi p>α, dengan α=0.05, yaitu 0.23>0.05 dan 0.21>0.05. Uji Homogenitas dengan program spss didapatkan hasil variansi yang sama, karena taraf signifikasi p>α, dengan α=0.05, yaitu 0.69>0.05. Setelah diberi perlakuan dengan metode pembelajaran yang berbeda, kemudian diberikan posttest, maka nilai hasil posttest diuji kembali dengan Uji normalitas dengan menggumakan program spss, didapatkan hasil berdistribusi normal karena taraf signifikasi p>α, dengan α=0.05, yaitu 0.23>0.05. Uji Homogenitas dengan program spss didapatkan hasil variansi yang sama, karena taraf signifikasi p>α, dengan α=0.05, yaitu 0.89>0.05 Jadi homogenitas diterima, maka dapat dikatakan kelas eksperimen normal dan homogen. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan program spss dengan ketentuan jika p<α, maka H 0 ditolak, sedangkan jika p  α maka H0 diterima. Berdasarkan hasil dari program spss didapatkan hasil p<α yaitu 0.000<0.05, maka H 0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran animasi lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (H1 diterima). en_US
dc.publisher PTO-FKIP en_US
dc.subject efektivitas, metode animasi en_US
dc.title Efektivitas Metode Animasi Dan Metode Konvensional Pada Pelajaran Sistem Pengapian Di SMK Ma’arif 4 Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account