Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa SMK
Tunas Nusantara Purworejo. Hal ini ditandai dengan media yang digunakan
belum menarik perhatian siswa untuk aktif, sehingga siswa kurang
memperhatikan guru ketika pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas
XI Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas Nusantara Purworejo
tahun ajaran 2012/2013, yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 20 siswa lakilaki
dan 4 siswa perempuan. Data diperoleh melalui pengamatan dengan
menggunakan lembar angket dan tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan teknik deskripsi persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode audio
visual dalam pembelajaran sistem bahan bakar bensin dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK
Tunas Nusantara Purworejo, yaitu dari 66,67% pada pra siklus menjadi 75,42%
pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80,41% pada siklus II. Dengan
demikian terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 8,75% dari pra siklus
ke siklus I, dan sebesar 4,99% dari siklus I ke siklus II.