Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH KEMASAN BARU SUNSILK TERHADAP PREFERENSI PEMBELIAN KONSUMEN DI KOTA PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Suwondo, Dwi Mego
dc.date.accessioned 2018-02-20T04:18:01Z
dc.date.available 2018-02-20T04:18:01Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3204
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi ketatnya persaingan industri shampo di Indonesia serta telah bergesernya nilai-nilai mengenai rambut oleh para wanita yang telah memacu Sunsilk untuk melakukan inovasi dalam desain kemasannya dalam rangka menyesuaikan dengan perubahan nilai ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah warna, bentuk, merek/logo, ilustrasi, tipografi, dan tata letak berpengaruh positif terhadap terhadap preferensi pembelian konsumen pada shampo Sunsilk, Hasil penelitian ini akan menjelaskan pengaruh variabel warna, bentuk, ilustrasi, merek/ logo, tipografi, dan tata letak pada preferensi pembelian shampo Sunsilk. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen shampo Sunsilk di kota Purworejo. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode judgment sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Data yang digunakan adalah data primer dan kuesioner digunakan untuk pengambilan data. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen untuk mengukur uji validitas, uji reliabilitas serta regresi berganda. Berdasarkan pengujian tersebut diketahui bahwa variabel warna berpengaruh positif terhadap preferensi pembelian konsumen pada shampo Sunsilk, dengan tingkat signifikansi 0.037 < α = 0.05, variabel bentuk berpengaruh positif terhadap preferensi pembelian konsumen pada shampo Sunsilk, dengan tingkat signifikansi 0. 047 < α = 0.05, variabel logo/ merek berpengaruh positif terhadap preferensi pembelian konsumen pada shampo Sunsilk, dengan tingkat signifikansi 0.036 < α = 0.05, variabel ilustrasi berpengaruh positif terhadap preferensi pembelian konsumen pada shampo Sunsilk, dengan tingkat signifikansi 0.040 < α = 0.05, variabel tipografi berpengaruh positif terhadap preferensi pembelian konsumen pada shampo Sunsilk, dengan tingkat signifikansi 0.010 < α = 0.05 dan variabel tata letak berpengaruh positif terhadap preferensi pembelian konsumen pada shampo Sunsilk, dengan tingkat signifikansi 0.030 < α = 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: semakin baik perubahan kemasan yang dibuat perusahaan semakin tinggi pula preferensi pembelian konsumen. Berdasarkan hasil tersebut disarankan pada pihak perusahaan untuk memperhatikan unsur-unsur warna, bentuk, ilustrasi, merek/ logo, tipografi, dan tata letak saat merubah kemasan suatu produk. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject warna, bentuk, ilustrasi, merek/logo, tipografi, tata letak, Preferensi Pembelian Konsumen en_US
dc.title PENGARUH KEMASAN BARU SUNSILK TERHADAP PREFERENSI PEMBELIAN KONSUMEN DI KOTA PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account