Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP MINAT MEMBELI ULANG DETERJEN DAIA DI KECAMATAN PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Nugroheni, Wulandari Dwi
dc.date.accessioned 2018-02-20T04:20:09Z
dc.date.available 2018-02-20T04:20:09Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3205
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul: Pengaruh Brand Equity Terhadap Minat Membeli Ulang Deterjen Daia di Kecamatan Purworejo. Pokok masalah dalam penelitian ini menyoroti tentang bagaimana kekuatan Brand Equity yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek dan persepsi kualitas dapat mempengaruhi minat membeli ulang deterjan Daia di Kecamatan Purworejo. Penelitian menggunakan data primer, yang diperoleh secara langsung dari kuesioner yang diisi oleh para responden. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1). Apakah ada pengaruh kesadaran merek terhadap minat membeli ulang deterjen Daia di Kecamatan Purworejo, 2). Apakah ada pengaruh asosiasi merek terhadap minat membeli ulang deterjen Daia di Kecamatan Purworejo, 3). Apakah ada pengaruh persepsi kualitas terhadap minat membeli ulang deterjen Daia di Kecamatan Purworejo. Hasil penelitian ini akan menjelaskan variabel kesadaran merek, asosiasi merek dan persepsi kualitas yang akan mempengaruhi masyarakat dalam minat membeli ulang deterjen Daia di Kecamatan Purworejo serta memberikan dasar perbaikan bagi perusahaan deterjen Daia di masa yang akan datang sehingga masyarakat lebih tertarik menggunakan produk deterjen Daia. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen deterjen Daia di Kecamatan Purworejo. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dan ditentukan menggunakan purposive sampling. Dari hasil penelitian diperoleh nilai R2= 0,484 (48,4%), yang berarti bahwa 48,4% minat membeli ulang dipengaruhi oleh variabel kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji t dan uji F. Berdasarkan hitungan diperoleh persamaan linier regresi berganda Y= 0,248X1 + 0,253X2 + 0,329X3. Dari hasil uji t diperoleh nilai signifikansi t untuk kesadaran merek 2,292, asosiasi merek 2,903, dan persepsi kualitas 3,142. Itu berarti bahwa ketiga variabel brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli ulang. Sedangkan hasil dari uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 31,940 dengan tingkat signifikan Fhitung 0,000. Karena tingkat signifikan Fhitung 0,000 ≤ level of significance 5% (α=0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel tersebut secara bersama-sama memliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli ulang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: semakin baik kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas dalam diri konsumen maka semakin tinggi minat membeli ulang deterjen Daia tersebut. Apabila perusahaan ingin meningkatkan minat membeli ulang konsumen deterjen Daia maka perusahaan harus memperbaiki dan menambah pencitraan produk deterjen Daia di mata masyarakat. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject asosiasi merek, brand equity, kesadaran merek, minat membeli ulang, dan persepsi kualitas en_US
dc.title PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP MINAT MEMBELI ULANG DETERJEN DAIA DI KECAMATAN PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account