Abstract:
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap omset penjualan pada unit usaha toko KP-RI "Guyub Rukun" Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2012.
Populasi dalam penelitian ini sejumlah 80 orang, berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% yang
dikemb ngkan oleh Isaac dan Michael maka jumlah sampel yang digunakan
dalam penelitian ini dengan taraf kesalahan 5% adalah 65 orang. Berdasarkan uji
validitas variabel produk terdapat 5 butir soal yang valid dan tidak ada soal yang
gugur, variabel harga terdapat 5 butir soal yang valid dan tidak ada yang gugur,
ariabel distribusi terdapat 5 butir soal yang valid dan tidak ada yang gugur dan
al yang valid dan tidak ada yang gugur.
Berdasarkan uji realibilitas varia pha 0,898, variabel
harga mempunyai nilai alpha 0 tribusi mempunyai nilai alpha
0,927 dan promosi mempunyai nilai alpha 0,930. Metode pengumpulan data yang
diguna
s.
sis kuantitatif variabel marketing mix mempengaruhi omset
penjual
ABSTRAK
Amin Wijayanto. 082130633. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Omse
lan Pada Unit Usaha Toko KP-RI “G. Skripsi. Program
s Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universi
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengeset penjualan pada unit usaha toko KP-RI “GUYUB RUKUN”
atan Purworejo, Kabupaten Purworejo. P
P
a
vvariabel promosi terdapat 5 butir so
bel produk mempunyai nilai al,896, variabel dis
kan adalah metode dokumentasi dan angket. Sedangkan metode analisis data untuk mengetahui variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment. Semua perhitungan analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Window
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa produk berada pada kategori cukup yaitu 50%, harga berada pada kategori cukup yaitu 58%, distribusi berada kategori tinggi yaitu 52% dan promosi berada kategori cukup yaitu 72%. Berdasarkan anali
an sebesar 19,1% dengan R sebesar 0,437 dan koefisien determinan (R² sebesar 0,191. Pengaruh marketing mix terhadap omset penjualan diperoleh = 2,435 dengan sig = 0,018 < 0,050 maka signifikan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh marketing mix terhadap omset penjualan. Berdasarkan uji F diketahui = 3,353 dengan sig F = 0,012 < 0,05 jadi variabel marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap omset penjualan.