Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Apakah ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara kepuasan terhadap loyalitas pelanggan? (2) Apakah
ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan terhadap loyalitas
pelanggan? (3) Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan
dan pelayanan secara bersama – sama terhadap loyalitas pelanggan?.
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu (1) Ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara kepuasan terhadap Loyalitas pelanggan pada “UD SANTOSO
PUTRO” Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. (2) Ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara pelayanan terhadap Loyalitas pelanggan pada “UD
SANTOSO PUTRO” Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo (3) Ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan dan pelayanan secara
bersama-sama terhadap Loyalitas pelanggan pada “UD SANTOSO PUTRO”
Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini sejumlah 35 pelanggan, berdasarkan tabel
krecjie penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan taraf
kesalahan 5% adalah 32 Pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode kuesioner, metode dokumentasi, dan metode observasi. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan rumus
Regresi linier berganda, Uji F dan Uji t. Instrumen dalam penelitian ini telah
memenuhi syarat validitas (r ≥ 0,3) dan reliabilitas (Alpha ≥ 0,7).
Hasil Berdasarkan uji realibilitas variabel kepuasan mempunyai nilai alpha
0,862 , pelayanan mempunyai nilai alpha 0,900 , dan loyalitas mempunyai nilai
alpha 0,855. Kesimpulan dalam penelitian ini ada pengaruh antara kepuasan,
pelayanan, terhadap loyalitas pelanggan dari hasil analisis deskriptif menunjukkan
bahwa (1) Kepuasan berada pada kategori Cukup yaitu 59%, (2) Tingkat
pelayanan berada pada kategori cukup yaitu 59%, dan (3) Tingkat loyalitas pada
kategori tinggi yaitu 66%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa
variabel kepuasan dan pelayanan secara positif dan signifikan mempengaruhi
tingkat loyalitas sebesar 37,2% dengan koefisien rx1y sebesar 0,610 dengan (t
3,345 sig = 0,001 <0,050) dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.