Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui hubungan faktor
perilaku konsumen berdasarkan karakteristik kreatifitas iklan, minat, keinginan,
rasa percaya dengan volume tingkat pembelian produk ‘Mie Sedaap’ di Desa
Kertodeso Dukuh Krajan Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. 2. Untuk
mengetahui hubungan faktor perilaku konsumen berdasarkan jenis kelamin,
tingkat usia, jenis pekerjaan dengan produk ‘Mie Sedaap’ di Desa Kertodeso
Dukuh Krajan Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.Apakah ada hubungan
yang positif dan signifikan antara faktor perilaku konsumen bardasarkan
karakteristik kreatifitas iklan, minat, keinginan, rasa percaya dengan volume
tingkat pembelian produk ‘Mie Sedaap’ di Desa Kertodeso dukuh Krajan
Kebumen. 2.Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara faktor
perilaku konsumen bardasarkan karakteristik jenis kelamin, tingkat usia dan jenis
pekerjaan terhadap volume tingkat pembelian produk mie Sedaap di Desa
Kertodeso dukuh Krajan Kebumen?
Populasi dalam penelitian ini adalah semua penduduk Desa Kertodeso
Dukuh Krajan sejumlah 60 orang, berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel
dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% yang dikembangkan oleh Issac
dan Michael maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50
orang. Dari analisis diskriptif, sebagian besar perilaku konsumen terhadap
kreatifitas iklan, minat, keinginan dan rasa percaya berada pada kategori tinggi
yakni sebesar 56%, dan volume tingkat pembelian termasuk dalam kategori tinggi
yakni sbesar 55%. Berdasarkan analisis kuantitatif untuk mengetahui pengaruh
variabel bebas terhadap variabel terkait dilakukan analisis pengujian hipotesis
menggunakan rumus corelasi product momet. Semua penghitungan analisis data
dilakukan dengan menggunakan progran SPSS For Windows 16.0.Berdasarkan
perhitungan corelasi product momet, yang hasilnya rhitung = 0,706 dengan sig =
0,000 ≤ 0,05. Artinya menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dengan volume
tingkat pembelian produk Mie Sedaap di Desa Kertodeso.