Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) ada tidaknya pengaruh
yang positf dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar
siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Purworejo; (2) ada tidaknya pengaruh yang
positf dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas
VIII SMP Negeri 21 Purworejo; (3) Ada tidaknya pengaruh yang positf dan
signifikan secara bersama-sama kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap
prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 160 siswa, pengambilan sampel
mengacu pada tabel Krejcie dengan taraf signifikan 5% diperoleh sebanyak 110
siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan
kuesioner. Instrumen dalam penelitian ini telah memenuh syarat validitas dan
realibilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis
inferensial dengan menggunakan korelasi parsial dan regresi ganda.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berada
pada kategori tinggi sebesar 67,27%, minat belajar pada kategori tinggi sebesar
66,36%, dan prestasi belajar pada kategori baik sebesar 95,45%. Berdasarkan
analisis korelasi parsial menunjukkan bahwa kecerdasan emosional secara positif
dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 94,40% (rx1y= 0,972; p <
0,05). Variabel minat belajar secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi
belajar sebesar 93,30% dengan (rx2y = 0,966; p < 0,05). Hasil analisis korelasi
ganda diperoleh koefisien regresi (R = 0,973; F = 950,024; sig < 0,05%) dan
koefisien determinasi (R2) sebesar 0,947 sehingga besarnya pengaruh kecerdasan
emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar
sebesar 94,70% dan 5,30% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan persamaan
regresi ganda Y=35,670 + 0,430 X1 + 0,164 X2. Dengan demikian dapat
disimpulkan secara umum prestasi belajar siswa SMP Negeri 21 Purworejo
tergolong dalam kategori baik. Terdapat pengaruh yang berarti, baik secara
bersama-sama maupun sendiri-sendiri dari kecerdasan emosional dan minat
belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 21 Purworejo.