Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 21 Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Nabawi, Mustakhiq Firdausi
dc.date.accessioned 2018-02-20T05:23:37Z
dc.date.available 2018-02-20T05:23:37Z
dc.date.issued 2012
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3228
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) ada tidaknya pengaruh yang positf dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Purworejo; (2) ada tidaknya pengaruh yang positf dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Purworejo; (3) Ada tidaknya pengaruh yang positf dan signifikan secara bersama-sama kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 160 siswa, pengambilan sampel mengacu pada tabel Krejcie dengan taraf signifikan 5% diperoleh sebanyak 110 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Instrumen dalam penelitian ini telah memenuh syarat validitas dan realibilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan korelasi parsial dan regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berada pada kategori tinggi sebesar 67,27%, minat belajar pada kategori tinggi sebesar 66,36%, dan prestasi belajar pada kategori baik sebesar 95,45%. Berdasarkan analisis korelasi parsial menunjukkan bahwa kecerdasan emosional secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 94,40% (rx1y= 0,972; p < 0,05). Variabel minat belajar secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 93,30% dengan (rx2y = 0,966; p < 0,05). Hasil analisis korelasi ganda diperoleh koefisien regresi (R = 0,973; F = 950,024; sig < 0,05%) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,947 sehingga besarnya pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 94,70% dan 5,30% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan persamaan regresi ganda Y=35,670 + 0,430 X1 + 0,164 X2. Dengan demikian dapat disimpulkan secara umum prestasi belajar siswa SMP Negeri 21 Purworejo tergolong dalam kategori baik. Terdapat pengaruh yang berarti, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri dari kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 21 Purworejo. en_US
dc.publisher Pendidikan Ekonomi-FKIP en_US
dc.subject kecerdasan emosional, minat belajar dan prestasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 21 Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account