Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah korelasi antara
Prestasi Belajar Matematika dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI
IPS SMA N 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2010/2011. Rumusan masalah yaitu
adakah korelasi yang positif dan signifikan antara prestasi belajar matematika
dengan prestasi belajar akuntansi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada
korelasi yang positif dan signifikan antara Prestasi Belajar Matematika dengan
Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 5 Purworejo Tahun
Pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 5
Purworejo yang berjumlah 96 orang siswa, populasi 96 maka sampel yang diambil
berjumlah 75 orang siswa ditentukan menggunakan tabel yang dikembangkan
oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5 %. Teknik pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling dengan cara undian. Pengumpulan data
menggunakan analisis dokumen yaitu berupa nilai rapor semester II. Sedangkan
analis data dalam penelitian ini, menggunakan analisis korelasi Product moment
dengan perhitungan SPSS for windows 16.00.
Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil perhitungan koefisien
korelasi 0,940 dengan taraf signifikan 0,000 ini berarti ada hubungan yang positif
dan signifikan antara prestasi belajar matematika dengan prestasi belajar
akuntansi. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi ada korelasi yang positif
dan signifikan antara prestasi belajar matematikadengan prestasi belajar akutansi
pada siswa kelas XI IPS SMA N 5 Purworejo tahun pelajaran 2010/2011 dapat
diterima.