Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1)kualitas layanan bagian
Teller BRI Unit Salaman Cabang Magelang; (2) mengetahui kepuasaan nasabah
Simpedes terhadap kualitas layanan Teller BRI Unit Salaman Cabang Magelang.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 270 orang, dari populasi ini dapat
diperoleh sampel sebanyak 150 dalam waktu pengambilan selama satu minggu.
Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah Simple Random
Sampling. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket yang sudah
diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reabilitas.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kepuasaan nasabah Simpedes
BRI Unit Salaman Cabang Magelang: 54,7% tergolong tinggi, 45,3% tergolong
cukup. Kualitas layanan Teller bank: 66% tergolong tinggi, dan 34% tergolong
cukup. Persamaan regresi sederhana Y = 8,280 + 1,234 X. Untuk hasil uji t hitung
sebesar 22,545 dengan sig sebesar 0,000. Sehingga hipotesis dapat diterima.
Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas layanan Teller
terhadap kepuasan nasabah Simpedes BRI Unit Salaman Cabang Magelang.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum kualitas layanan Teller
tergolong tinggi, sehingga terciptanya kepuasan nasabah simpedes.