Abstract:
Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Product Bundling Terhadap Pembelian
Handphone Merek Nexian Di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Purworejo”. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingkat persaingan yang tinggi
menyebabkan tingkat inovasi dalam strategi penjualan mengalami peningkatan.
Strategi penjualan produk dengan menggunakan bundling semakin banyak
digunakan karena memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak, produsen
dan konsumen. Alasan peneliti memilih handphone merek Nexian dan Telkomsel
adalah karena Nexian merupakan pelopor handphone lokal di Indonesia yang
memiliki tingkat penjualan cukup tinggi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memberikan
bukti empiris pengaruh produk, harga, promosi, persepsi penghematan, nilai
persepsian, dan kualitas persepsian terhadap perilaku pembelian product bundling
handphone merek Nexian di kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Purworejo yang membeli product bundling handphone merek
Nexian, yang kemudian diambil sebagai sampel sebanyak 100 orang dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data
menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telah
memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan
adalah regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16
diketahui bahwa Produk secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap
perilaku pembelian konsumen dengan (p value) = 0.019 (< 0.05). Harga secara
signifikan berpengaruh secara positif terhadap perilaku pembelian konsumen
dengan (p value) = 0.001 (< 0.05). Promosi secara signifikan berpengaruh secara
positif terhadap perilaku pembelian konsumen dengan (p value) = 0.005 (< 0.05).
Persepsi penghematan secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap
perilaku pembelian konsumen dengan (p value) = 0.001 (< 0.05). Nilai persepsian
secara signifikan berpengaruh secara positif terhadap perilaku pembelian
konsumen dengan (p value) = 0.019 (< 0.05). Kualitas persepsian secara
signifikan berpengaruh secara positif terhadap perilaku pembelian konsumen
dengan (p value) = 0.015 (< 0.05). Secara bersama-sama variabel produk, harga,
promosi, persepsi penghematan, nilai persepsian, dan kualitas persepsian
berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen dilihat dari F hitung sebesar
25.970 dan signifikansi < 0.05. Sehingga penelitian ini memberikan hasil yang
mendukung teori product bundling berpengaruh terhadap perilaku pembelian
konsumen.