dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar
menggunakan metode problem solving di kelas VII D SMP Negeri 31 Purworejo
tahun pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus
yang berdasarkan dari tindakan pra siklus dan refleksi guru mata pelajaran. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D semester II SMP Negeri 31
Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16
siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan
berupa lembar observasi konsentrasi belajar siswa dan soal tes yang berbentuk
uraian. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif
rata-rata dan persentase.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan
metode Problem Solving dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan
konsentrasi belajar siswa yang pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa.
Hal ini dapat diamati dari perubahan sikap dan hasil belajar siswa ketika siklus I
yang hanya mencapai persentase konsentrasi belajar 64,69%, rerata hasil belajar
siswa 67,19, dan dengan nilai ketuntasan sebesar 62,5%. Ketika melakukan siklus
II, diperoleh hasil persentase konsentrasi belajar mencapai 73,37%, rerata hasil
belajar mencapai 78,13, dan dengan nilai ketuntasan sebesar 81,25%. |
en_US |