Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan “apakah tingkat partisipasi
siswa pada metode diskusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil
belajar IPS belajar siswa kelas IX SMP Negeri 25 Purworejo.
Populasi penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran
2011/2012 berjumlah 221 siswa, jumlah sampel ditentukan berdasar tabel Issac
dan Michael dengan taraf kesalahan 5% berjumlah 135 siswa. Teknik dalam
pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi.
Berdasar uji validitas variabel tingkat partisipasi siswa pada metode diskusi semua
item valid, sedangkan uji reliabilitas variabel tingkat partisipasi siswa pada
metode diskusi mempunyai nilai alpha 0,851.
Berdasar analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa
pada metode diskusi terdapat pada klasifikasi cukup sebesar 50,37 % dan hasil
belajar IPS siswa pada kategori baik sebesar 64,44 %. Berdasarkan analisis
kuantitaif, diperoleh data koefisien korelasi antara tingkat partisipasi siswa pada
metode diskusi terhadap hasil belajar IPS r sebesar 0,392, dan dari uji t diperoleh
thitung = 4,909 dengan sig 0,000. Karena sig = 0,000 ≤ 0,05 maka dapat dikatakan
signifikan, berarti hipotesis diterima dimana ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara tingkat partisipasi siswa pada metode diskusi terhadap hasil
belajar IPS.