Abstract:
Tujuan Penelitian ini untuk mengungkapkan ( 1) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dengan penggunaan metode jigsaw terhadap prestasi belajar siswa, ( 2 ) ada tidaknya pengaruh positf dan signifikan secara bersama sama terhadap prestasi belajar siswa ( 3 ) seberapa besar pengaruh terhadap hasil prestasi belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 204 siswa, menuruti table Krecjie jika populasi 204 siswa dengan taraf kesalahan 5 % maka sempel yang diambil 128 siswa. Tehnik pengambilan sempel menggunakan tehnik randomsampling. Untuk uji validitas menggunakan product Moment dan Rehabilitas dengan Alpha Crombach. Pengumpulan data menggunakan
Angket,dokumentasi,dan kepustakaan.
Berdasarkan hasil analisis descriptif menunjukan bahwa motivasi belajar pada kata gori cukup besar 71,09 % pada kata gori tinggi 55,47 %
Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan bahwa variabel motivasi belajar secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 28,80% (r sy = 0,534 :sig 0,000 < 0,05). Variable gaya belajar secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 40,70 % (r sy = 0,638 : 0,000 < 0,05). Hasil analisis regresi ganda diperilehkoefisien regresi (R) sebesar 0,814 (F = 122,962 : sig 0,000 < 0,05) berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa sebesar 66,30%, sedangkan 33,70% dipengaruhi oleh factor lain. Persamaan regresi Y = 33,942 + 0,376 X1 + 0,581 X2, dengan demikian hipotesis diterima.